Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kamis, 22 Maret 2012

Tips Mengisi LJK

Tidak terasa ujian semakin dekat. Ujian Nasional sudah di depan mata bagi kelas 6,9,12. Dan untuk kelas yang lain sudah mau ujian kenaikan kelas. Untuk ujian nasional pastinya kita harus mengisi Lembar Jawab Komputer (LJK), sedangkan untuk ujian kenaikan kelas tergantung sekolahnya, mau manual atau LJK. Tentunya ada persyaratan-persyaratan agar LJK bisa terbaca oleh scanner. 
Berikut ini tips mengisi LJK yang baik:

1. Pensil

Pensil terdiri dari 2 jenis, Hard (H) dan Bold (B) dan diantaranya ada HB. Sebenarnya semua pensil dapat digunakan untuk mengisi LJK. Tetapi standar pensil yang digunakan untuk mengisi LJK adalah pensil 2B karena kepekatannya pas serta mudah dihapus. Jika menggunakan pensil HB akan lama untuk mengisi dan cenderung merusak kertas karena agak keras (Hard). Bila menggunakan pensil 6B kepekatannya terlalu pekat sehingga dapat mengotori kertas terutama saat dihapus. Oleh karena itu gunakanlah pensil 2B untuk mengisi LJK.

2. Bulatkan dengan benar

Pada LJK sudah disediakan bulatan-bulatan untuk diarsir, jadi isi LJK dengan cara diarsir dibulatan tersebut. Arsirlah satu bulatan penuh, jangan kurang! Tidak masalah jika membulatkan keluar dari lingkaran asalkan tidak menyentuh lingkaran yang lain. Jika menyentuh scanner akan menyimpulkan bahwa ada dua jawaban.

3. LJK jangan sampai kotor

Bila ternoda oleh pensil (kecoret dikit) hapuslah dengan setip (bukan rautan) hingga bersih. Tetapi, apabila noda tersebut berada di kotak/lingkaran hitam (Skunk Mark) di pinggir halaman segeralah tukarkan LJK tersebut karena bagian itu merupakan bagian yang paling vital pada LJK.

4. LJK jangan sampai sobek / terlipat

Jika LJK terlipat maka besar kemungkinan LJK akan menyangkut di scanner. Jika sudah nyangkut harus dikeluarkan. Saat mengeluarkan, LJK harus ditarik-tarik terus tambah lecek atau bahkan sobek. Jadi jika sudah terlipat lebih baik LJKnya ditukar saja.

5. LJK jangan sampai basah

Yang ini saya belum tahu penyebabnya. Tetapi sudah banyak korban yang gara-gara LJKnya basah sedikit nilainya jadi hancur dan kemudian tidak lulus. Untuk berjaga-jaga maka jangan sampai LJK basah.


bukan artikel copas, jadi kalo mau copas cantumin link blog saya

0 komentar:

Posting Komentar