Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sabtu, 11 Februari 2012

Hilangkan Cegukan dengan Cepat

Pasti kita pernah mengalami cegukan. Cegukan sudah merupakan hal biasa.Tetapi jika cegukan datang di waktu yang tidak tepat, apa mau menunggu sampai cegukannya hilang sendiri? Contohnya saat ada acara atau saat akan melakukan ibadah. Hal ini sangat mengganggu. Bayangkan kalau saat beribadah kita cegukan, tidak hanya kita yang terganggu tetapi juga orang-orang yang berada di sekitar kita.

Berikut cara-cara untuk menghilangkan cegukan:

1. Tahanlah nafas

Dengan menahan nafas maka kadar karbon dioksida di dalam darah akan meningkat, sehingga akan menekan aktivitas saraf di otak yang bertanggung jawab atas terjadinya cegukan dan menyebabkan cegukan berhenti. 

2. Minumlah segelas air putih

Usahakan tidak bernafas saat meminum. Tutuplah hidung agar tidak ada udara yang masuk. Minumlah sampai habis.

3. Bernapas di dalam kantong kertas

Tarik dan buang napas di dalam kantong kertas tertutup selama kurang lebih satu menit. Hidung dan mulut masuk ke dalam kantong tersebut. Cara ini juga bertujuan untuk meningkatkan kadar CO2 dalam darah.

3. Menelan gula

Menelan gula batu atau satu sendok gula mampu menghentikan cegukan hanya dalam beberapa menit. Gula dipercaya dapat merangsang saraf-saraf otot kita, terutama ketika otot diafragma mulai berkontraksi secara tidak teratur.

4. Pijat bagian belakang langit-langit dengan cotton bud

Gerakkan secara perlahan ke depan dan ke belakang selama lebih kurang satu menit.

5. Tidur berbaring

Tidur berbaring dengan kedua lutut ditekuk ke arah perut. Lakukan beberapa saat hingga cegukan hilang.

0 komentar:

Posting Komentar