Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Jumat, 17 Februari 2012

Cara Merawat Laptop dengan Baik


Laptop adalah barang elektronik yang sangat sensitif bila tidak dijaga dengan baik dan jika tidak melakukan perawatan dengan benar sehingga laptop anda akan sering masuk ke tempat service. Komponen laptop juga sangat mahal. Untuk menghindari merogoh uang saku, sebaiknya anda melakukan Cara Merawat Laptop dengan Baik di bawah ini.

1. Jauhkan laptop anda dari cairan
Anda mungkin akan memerlukan minuman saat berada di depan laptop. Sebisa mungkin menjauhkan minuman tersebut dari laptop. Jika tumpah akan merusak komponen internal laptop sehingga laptop akan konslet dan bisa jadi semua data yang ada di laptop tersebut terhapus

2. Memiliki software antivirus
Mungkin saat mendownload sesuatu atau meminjam flashdisk dari teman tiba-tiba ada file yang seharusnya tidak ada, itu adalah virus. Jika dibiarkan virus itu bisa membuat file-file anda hilang, bahkan sampai laptop tidak bisa dinyalakan. Agar virus itu hilang pasanglah anti virus, tetapi jangan terlalu banyak karena antivirus-antivirus tersebut akan bertabrakan dan tidak ada fungsinya sama sekali.

3. Jangan mendidih laptop atau keyboard dengan barang yang berat
Jika ditindih LCD laptop anda akan rusak atau bahkan pecah

4. Jangan digunakan di atas tempat tidur
Jika menggunakan laptop di atas tempat tidur secara berulang-ulang dapat mengakibatkan kipas di dalam laptop tersumbat karena banyaknya debu yang masuk tesedot.

5. Pegang dan angkat laptop pada dasarnya
Saat mengangkat laptop untuk dipidahkan peganglah dasar laptop, jangan memegang LCD laptop karena anda akan merusak dan menggeser LCD laptop dari engselnya.

6. Jika laptop bermasalah, jangan mencoba untuk membongkar sendiri
Sebaiknya serahkan ke teknisi atau service-center terdekat, karena mungkin laptop malah jadi tambah rusak. Khusus untuk laptop yang masih dalam masa garansi, membongkar laptop dapat merusak sticker garansi (warranty seal) yang masih melekat pada laptop.

7. Jagalah kebersihan laptop
Anda bisa membersihkan laptop dengan sikat gigi berujung halus atau dapat membeli peralatannya di toko-toko elektronika.

0 komentar:

Posting Komentar